Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Program Studi Farmasi di Jakarta Barat
By -- Humas -- 15 February 2023 Kembali ke Berita
Berita

Kuliah Kerja Nyata merupakan program rutinitas dari Prodi Farmasi Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal setiap tahunnya dan menurunkan ratusan mahasiswa untuk melaksanakan bakti serta praktek langsung kepada masyarakat dengan bertempat di beberapa titik RPTRA di wilayah Jakarta Barat.

Sebagai contoh yakni Kuliah Kerja Nyata pada lokasi Grogol Petamburan dengan  Dosen Pembimbing apt. Iin Hardiyati, S.Farm., M.Farm. 
Di Minggu pertama kegiatan, telah melakukan :

  1. Inventarisasi Tanaman TOGA yg berada di titik lokasi beberapa RPTRA GROPET, dari jumlah tanaman TOGA dan memiliki berapa banyak species tanaman TOGA
  2. Perapihan Tanaman TOGA yg di sesuaikan berdasarkan species Tanaman TOGA
  3. Penyuluhan pembuatan link barcode tanaman TOGA, yg di dalamnya menginformasikan mengenai:
    a. Nama daerah tanaman 
    b. Nama ilmiah tanaman            
    c. Manfaat secara obat tradisional  
    d. Serta referensi yg terbaru tentang bentuk sediaan obat tradisional (seperti Jamu Frozen dan Ice Cream Jamu) yg disesuaikan dengan era dan perkembangan zaman.

Dari informasi kegiatan pembuatan link barcode tersebut, informasinya dapat di manfaatkan untuk petugas ataupun pengujung RPTRA, karena data link tersebut akan di informasikan pada perpustakaan RPTRA setempat dalam betuk mini e - library, sehingga memiliki informasi yang ter update seputar pemanfaatan TOGA.